Minggu, 14 Oktober 2018

I GUSTI NGURAH RAI - Sejarah Singkatnya

I GUSTI NGURAH RAI 

Brigadir TNI I Gusti Ngurah Rai adalah seorang pahlawan Indonesia dari kabupaten Badung, Bali. Beliau lahir di Carang Sari Kabupaten Badung 30 Januari 1917 dan wafat 20 November 1946 kemudiaan dimakamkan di Candi Marga Tabanan Bali. Ngurah Rai memiliki pasukan yang bernama pasukan "Ciung Wanara" yang melakukan pertempuran terakhir yang dikenal dengan nama Puputan Margarana.

Ayahnya bernama I Gusti Ngurah Palung yang berprofesi sebagai Manca (jabatan setingkat camat). Setelah menamatkan pendidikannya di HIS Denpasar dan MULO Malang, tahun 1936 beliau melanjutkan pendidikan Voor Reserve Officieren (CORO) di Magelang. Pada masa pendudukan Jepang, Ngurah Rai bekerja sebagai intel sekutu di daerah Bali dan Lombok.

Puputan Margarana ( Puputan dalam bahasa bali, berarti "habis-habisan", sedangkan Margarana berarti "Pertempuran di Marga". Marga adalah sebuah desa atau ibukota kecamatan di pelosok Kabupaten Tabanan, Bali) Di tempat puputan tersebut lalu didirikan sebuah Taman Makam Pahlawan Margarana.

Setelah Indonesia Merdeka pemerintah Indonesia I Gusti Ngurah Rai membentuk TKR Sunda kecil dan beliau menjadi komandannya dengan pangkat Letnal Kolonel. Ngurah Rai kemudian pergi ke Yogyakarta untuk konsolidasi dan mendapatkan petunjuk dari pimpinan TKR. Sekembalinya dari Yogyakarta, Bali ternyata sudah dikuasai oleh Belanda.

I Gusti Ngurah Rai membentuk kembali pasukanya yang telah tecerai berai dan memberi nama pasukannya Ciung Wanara. Setelah itu mereka melakukan penyergapan terhadap kedudukan Belanda di desa Marga Tabanan Bali. Belanda kemudiaan melancarkan serangan besar - besaran lewat darat dan udara. Ia gugur bersama seluruh pasukannya untuk perang puputan (habis-habisan). Lalu ia gugur bersama seluruh pasukanya disebelah timur laut tabanan (Bali Selatan).

Pemerintah Indonesia menganugerahkan Bintang Mahaputra, dan kenaikan pangkat menjadi Brigjen TNI (Anumerta). Namanya kemudiaan diabadikan dalam nama Bandar Udara di Bali, Bandara Udara Intenasional Ngurah Rai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar